COMMUNCATIONS OPEN HOUSE, SAMBUTAN MERIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNAND 2023

Pada tanggal 6 dan 7 November 2023 diruangan seminar gedung E Universitas Andalas  telah berlangsung sebuah acara yang dinamakan Open house. Sesuai dengan yang dikatakan oleh kak Anggita Putri Zahra dari Ilmu komunikasi angkatan 22 yang merupakan salah satu bagian dari panitia penyelenggara open house, Bahwa acara ini diadakan setiap tahunnya untuk menyambut semua mahasiswa ataupun mahasiswi yang baru saja  menjadi mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Andalas. Acara ini tiap tahunnya dipanitia oleh angkatan senior dalam ilmu komunikasi jadi seperti acara yang diadakan oleh senior untuk menyambut atau seperti membuka pintu untuk para junior yang telah bergabung dan menjadi mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Andalas. Tentunya acara ini dibuat dengan harapan bahwa angkatan yang baru saja ikut bergabung dalam ilmu komunikasi universitas andalas dapat saling mengenal dengan seniornya dan begitu juga dengan para senior dapat lebih mengenal juniornya.  Acara ini berlangsung selama dua hari yang selama dua hari tersebut telah disiapkan berbagai acara yang menarik dan juga acara ini memperkenalkan dosen-dosen yang mengajar di ilmu komunikasi kepada mahasiswa ilmu komunikasi yang baru bergabung.

Pada rangakaian acara open house hari pertama dimulai tepat pukul 08.30 wib yang diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh bang fikri selaku mahasiswa senior ilmu komunikasi. Setelah selesai, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebanggaan kita sebagai rakyat yang berbangsa Indonesia. Lalu kata sambutan dari Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A dan juga dilanjutkan dengan penyampaian berbagai informasi yang sangat penting dari beberapa dosen sebagai narasumber dengan berbagai materi yang disampaikan. Terdapat Bu Annisa Anindya, S.I.Kom,M.Si selaku narasumber pertama dengan materi Etika Komunikasi, dilanjutkan dengan Bapak Muhammad Thaufan A. S.Sos,M.A dengan materi Critical Thinking, Bu Ghina Novanisa, M.Si dengan materi Speed Reading dan Academic Writing, Bu Novi Elian, M.Si dengan materi Presentation and Argumentation, Bapak  Ilham havifi, M.Ikom dengan materi Nuansa Akademik, Kak Sarah Aulia Rahim Selaku ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMK) dengan materi HMIK, dan yang terakhir ada Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A dengan materi Pengenalan Konsentrasi. Materi yang yang telah disampaikan sangat bermanfaat bagi semua mahasiswa yang mendorong para mahasiwa untuk bertindak dan tentunya menjadi lebih baik kedepannya. Dengan berakhirnya penyampaian materi oleh Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A maka berakhir juga rangkaian acara Open house pada hari pertama yang sangat berkesan dan menambah banyak informasi bagi mahasiswa untuk menjadi lebih baik.

Dilanjutkan dengan acara Open House hari kedua pada tanggal 7 November 2023 yang tentunya tidak kalah menarik dari acara open house hari pertama. Diawali pada jam 08.30 dengan mendatangkan langsung beberapa alumni dari Ilmu Komunikasi Universitas Andalas yakni ada Bang Irham dan Bang Iqbal Tarigan yang memiliki pengalaman yang sangat luar biasa hingga bisa menjadi orang yang sukses dalam bidang yang ditekuni dan tentunya perjuangan serta pengalaman yang dibagikan sangat menambah semangat dan menambah keyakinan para mahasiswa terutama mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas yang mungkin belum yakin dan ragu akan mengejar cita-cita dan mimpinya. Lalu ada juga acara pengenalan Comcreative Studio oleh Bang Yoga Hanggara yang dimana mahasiswa yang bergabung dalam comcreative studio ini sangat terlatih dan bahkan sudah memiliki banyak film-film pendek yang telah ditayangkan diyoutube dan sudah pasti sangat melatih kemampuan agar lebih bagus. Dilanjutkan dengana pengenalan Reading Room Ilmu Komunikasi yang berada digedung B FISIP lantai 3 dan tentunya dalam readingroom ini banyak terdapat sumber-sumber ilmu untuk mendalami segala hal mengenai lingkung ilmu komunikasi dan sangat bermanfaat bukan hanya disegi bukunya tapi direadingroom mahasiswa juga dapat bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa ilmu komunikasi dari angkatan lain yang dapat mempererat hubungan baik sesama mahasiswa ilmu komunikasi dari berbagai tingkatan. Disambung dengan acara Focus Group Discussion oleh angkatan 21 dengan masing-masing konsentrasi yang didalami dan untuk acara ini sangat membantu mahasiswa-mahasiwi yang baru saja ikut bergabung dalam Ilmu Komunikasi Universitas Andalas agar dapat menentukan apa konsentrasi yang akan dijalani selanjutnya sehingga tidak menimbulkan ketidaksesuain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.            

Pada Ilmu Komunikasi Universitas Andalas terdapat 4 Konsentrasi yakni ada Public Relations, Manajemen Komunikasi, Media Telivisi Film (MTV), dan Jurnalistik. Sudah tentunya setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda nah dsini lah para senior angkatan 21 memberi gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing konsentrasi agar para mahasiswa yang baru saja bergabung tidak salah memassuki konsentrasi dan dapat mempertimbangkan apa konsentrassi yang akan dipilih selanjutnya. Ada juga Penampilan bakat yang ditampilkan oleh beberapa mahasiswa angkatan 23 yang ternyata memiliki bakat-bakat terpendam dalam hal kesesnian seperti berpuisi dan bernyanyi.

Terdapat acara Career Journey sebagai acara terakhir dalam open house hari kedua yang dimana pada acara Career Journey ini menampilkan beberapa alumni dengan perjalanan kariernya yang sangat memotivasi. Namun sangat disayangkan karena adanya perbedaan tempat dan menimbulkan jarak yang sangat jauh maka dalam acara ini diselenggarakan secara virtual memalalui aplikasi zoom. Pada acara Career Journey ini sangat membenarkan  kalimat bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha untuk mencapainya dan tentunya semua tercapai atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dalam acara ini terdapat salah satu alumni yang dapat menempuh dan melanjutkan pendidikannya untuk mengambil S2 hingga keluar Negri. Demikian juga semua alumni yang membagikan cerita mengenai perjalanan kariernya yang dimana semua yang didapatkannya pada saat ini bukan semata-mata hanya karna duduk diam tanpa berjuang melainkan melalui banyaknya perjuangan yang dihadapilah sehingga mereka dapat mencapai apa yang sudah diimpikan. Dengan berakhirnya acara Career Journey ini berakhir juga acara Open house 2023.

Penulis: Andini Putri dan Afra Juvalendya

 

Berita FISIP

Feed not found.