Pada tanggal 6 dan 7 November 2023 diruangan seminar gedung E Universitas Andalas  telah berlangsung sebuah acara yang dinamakan Open house. Sesuai dengan yang dikatakan oleh kak Anggita Putri Zahra dari Ilmu komunikasi angkatan 22 yang merupakan salah satu bagian dari panitia penyelenggara open house, Bahwa acara ini diadakan setiap tahunnya untuk menyambut semua mahasiswa ataupun mahasiswi yang baru saja  menjadi mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Andalas. Acara ini tiap tahunnya dipanitia oleh angkatan senior dalam ilmu komunikasi jadi seperti acara yang diadakan oleh senior untuk menyambut atau seperti membuka pintu untuk para junior yang telah bergabung dan menjadi mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Andalas. Tentunya acara ini dibuat dengan harapan bahwa angkatan yang baru saja ikut bergabung dalam ilmu komunikasi universitas andalas dapat saling mengenal dengan seniornya dan begitu juga dengan para senior dapat lebih mengenal juniornya.  Acara ini berlangsung selama dua hari yang selama dua hari tersebut telah disiapkan berbagai acara yang menarik dan juga acara ini memperkenalkan dosen-dosen yang mengajar di ilmu komunikasi kepada mahasiswa ilmu komunikasi yang baru bergabung.

Pada rangakaian acara open house hari pertama dimulai tepat pukul 08.30 wib yang diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh bang fikri selaku mahasiswa senior ilmu komunikasi. Setelah selesai, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebanggaan kita sebagai rakyat yang berbangsa Indonesia. Lalu kata sambutan dari Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A dan juga dilanjutkan dengan penyampaian berbagai informasi yang sangat penting dari beberapa dosen sebagai narasumber dengan berbagai materi yang disampaikan. Terdapat Bu Annisa Anindya, S.I.Kom,M.Si selaku narasumber pertama dengan materi Etika Komunikasi, dilanjutkan dengan Bapak Muhammad Thaufan A. S.Sos,M.A dengan materi Critical Thinking, Bu Ghina Novanisa, M.Si dengan materi Speed Reading dan Academic Writing, Bu Novi Elian, M.Si dengan materi Presentation and Argumentation, Bapak  Ilham havifi, M.Ikom dengan materi Nuansa Akademik, Kak Sarah Aulia Rahim Selaku ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMK) dengan materi HMIK, dan yang terakhir ada Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A dengan materi Pengenalan Konsentrasi. Materi yang yang telah disampaikan sangat bermanfaat bagi semua mahasiswa yang mendorong para mahasiwa untuk bertindak dan tentunya menjadi lebih baik kedepannya. Dengan berakhirnya penyampaian materi oleh Bu Vitania Yulia, S.Sos,M.A maka berakhir juga rangkaian acara Open house pada hari pertama yang sangat berkesan dan menambah banyak informasi bagi mahasiswa untuk menjadi lebih baik.

Dilanjutkan dengan acara Open House hari kedua pada tanggal 7 November 2023 yang tentunya tidak kalah menarik dari acara open house hari pertama. Diawali pada jam 08.30 dengan mendatangkan langsung beberapa alumni dari Ilmu Komunikasi Universitas Andalas yakni ada Bang Irham dan Bang Iqbal Tarigan yang memiliki pengalaman yang sangat luar biasa hingga bisa menjadi orang yang sukses dalam bidang yang ditekuni dan tentunya perjuangan serta pengalaman yang dibagikan sangat menambah semangat dan menambah keyakinan para mahasiswa terutama mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas yang mungkin belum yakin dan ragu akan mengejar cita-cita dan mimpinya. Lalu ada juga acara pengenalan Comcreative Studio oleh Bang Yoga Hanggara yang dimana mahasiswa yang bergabung dalam comcreative studio ini sangat terlatih dan bahkan sudah memiliki banyak film-film pendek yang telah ditayangkan diyoutube dan sudah pasti sangat melatih kemampuan agar lebih bagus. Dilanjutkan dengana pengenalan Reading Room Ilmu Komunikasi yang berada digedung B FISIP lantai 3 dan tentunya dalam readingroom ini banyak terdapat sumber-sumber ilmu untuk mendalami segala hal mengenai lingkung ilmu komunikasi dan sangat bermanfaat bukan hanya disegi bukunya tapi direadingroom mahasiswa juga dapat bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa ilmu komunikasi dari angkatan lain yang dapat mempererat hubungan baik sesama mahasiswa ilmu komunikasi dari berbagai tingkatan. Disambung dengan acara Focus Group Discussion oleh angkatan 21 dengan masing-masing konsentrasi yang didalami dan untuk acara ini sangat membantu mahasiswa-mahasiwi yang baru saja ikut bergabung dalam Ilmu Komunikasi Universitas Andalas agar dapat menentukan apa konsentrasi yang akan dijalani selanjutnya sehingga tidak menimbulkan ketidaksesuain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.            

Pada Ilmu Komunikasi Universitas Andalas terdapat 4 Konsentrasi yakni ada Public Relations, Manajemen Komunikasi, Media Telivisi Film (MTV), dan Jurnalistik. Sudah tentunya setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda nah dsini lah para senior angkatan 21 memberi gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing konsentrasi agar para mahasiswa yang baru saja bergabung tidak salah memassuki konsentrasi dan dapat mempertimbangkan apa konsentrassi yang akan dipilih selanjutnya. Ada juga Penampilan bakat yang ditampilkan oleh beberapa mahasiswa angkatan 23 yang ternyata memiliki bakat-bakat terpendam dalam hal kesesnian seperti berpuisi dan bernyanyi.

Terdapat acara Career Journey sebagai acara terakhir dalam open house hari kedua yang dimana pada acara Career Journey ini menampilkan beberapa alumni dengan perjalanan kariernya yang sangat memotivasi. Namun sangat disayangkan karena adanya perbedaan tempat dan menimbulkan jarak yang sangat jauh maka dalam acara ini diselenggarakan secara virtual memalalui aplikasi zoom. Pada acara Career Journey ini sangat membenarkan  kalimat bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha untuk mencapainya dan tentunya semua tercapai atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dalam acara ini terdapat salah satu alumni yang dapat menempuh dan melanjutkan pendidikannya untuk mengambil S2 hingga keluar Negri. Demikian juga semua alumni yang membagikan cerita mengenai perjalanan kariernya yang dimana semua yang didapatkannya pada saat ini bukan semata-mata hanya karna duduk diam tanpa berjuang melainkan melalui banyaknya perjuangan yang dihadapilah sehingga mereka dapat mencapai apa yang sudah diimpikan. Dengan berakhirnya acara Career Journey ini berakhir juga acara Open house 2023.

Penulis: Andini Putri dan Afra Juvalendya

 

Ilmu Komunikasi UNAND Gelar COSMIC Creative Movement 2022

SIGAPNEWS SUMBAR | PADANG - Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menggelar kegiatan COSMIC Creative Movement pada Minggu 26 Juni 2022. Kegiatan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

COSMIC Creative Movement didukung oleh Fabriek Bloc yang sekaligus menjadi tempat pelaksanaan untuk kegiatan ini. COSMIC Creative Movement hadir dalam bentuk kegiatan amal berupa talkshow, pameran seni dan konser.

COSMIC Creative Movement merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas. Melalui mata kuliah Training Of Trainers dan Management Event yang diampu oleh Bapak Ilham Havifi, M.I.Kom dan ibu Annisa Anindya, M.I.Kom.

Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan kemampuan serta pengetahuan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas dalam membuat dan memanajemen sebuah kegiatan.

Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh bapak Diego M.I.Kom selaku sekretaris jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas.

“Acara ini telah kami persiapkan sejak satu setengah bulan yang lalu, yaitu di akhir Mei hingga pelaksanaan di tanggal 26 Juni ini. Kami mengangkat tema “Industri Kreatif” dengan harapan kegiatan ini mampu menjadi salah satu wadah bagi mereka yang tertarik untuk belajar, mengenal dan menyalurkan kreativitas, terutama bagi kalangan muda di Kota Padang. Saya mewakili teman-teman panitia COSMIC Creative Movement yang telah berjuang dengan keras demi acara ini hingga akhirnya kita berhasil melaksanakan acara offline pertama kita setelah dipisahkan oleh pandemi selama lebih dari setahun, terima kasih teman-teman semua,” ucap ketua pelaksana, Arif Abdul Aziz.

Adapun rangkaian kegiatan COSMIC diawali dengan pembukaan oleh pembwa acara lalu dilanjutkan dengan konser musik. Pada pukul 19.30 WIB Talkshow yang bertemakan  “Creativity Is The Key Of Successful Branding” dimulai dengan mengundang 3 pembicara yang ahli di bidan industri kreatif.

Adapun pembicara dalam Talkshow COSMIC Creative Movement 2022 yakni Handoko Hendroyono selaku Co-Founder M-Bloc Group, Satria Haris yang merupakan Deputi Pengembangan Bisnis ICCN dan Brand Activator serta Satria Oktahade sebagai Founder Parewa Coffee.

Salah satu hal menarik yang dapat dikutip dalam Talkshow kali ini yakni “Branding merupakan narasi atau storytelling yang memberikan impact sosial kepada masyarakat.” ucap Co-Founder M Bloc Group, Handoko Hendroyono.

Selain itu, dalam kegiatan COSMIC mengahdirkan “Digital Art Exhibition” sebagai wadah bagi para seniman mahasiswa kota Padang untuk menampilkan karya digitalnya.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib. Antusias pengunjung yang menghadiri kegiatan COSMIC Creative Movement cukup tinggi, hal ini dilihat melalui padatnya pengunjung saat itu.

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan. (*)

Dipenghujung tahun baru 2022, Program Studi S1 Departemen Ilmu Komunikasi melaksanakan persiapan re-akreditasi dan menuju akreditasi unggul. Tentu Prodi S1 Ilmu Komunikasi saat ini memiliki impian besar meraih akreditasi Unggul pada tahun 2023 ini sebagaimana Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 “peringkat akreditasi atau peringkat terkareditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditasi untuk Akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0”. hal ini menjadi bahasan utama dalam Rapat senin pagi (10/1/2022) di Ruang sidang Dekanat FISIP UNAND.

Dr. Azwar, M.Si selaku Dekan FISIP yang menjadi Narasumber dalam kegiatan Rapat Persiapan Akreditasi Jurusan mengatakan bentuk tata Kelola dan kualitas layanan yang dijalankan pada prodi terkonversi dengan level akreditasi prodi. Implementasi seluruh indicator-indikator yang terdapat pada standar boring akreditasi harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen secara jujur dan ril yang dibutuhkan dalam indiktaoor standar akreditasi, ucapnya.

Monitoring dan evaluasi setiap indikator standar akreditasi yang dijalankan agar tidak terjadi distorsi arah prodi, ucap Dekan FISIP dalam paparan materi nya. Dilansir dari website BAN PT (www.banpt.or.id)  mekanisme ini tertuang dalam Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8 yang berbunyi, peringkat Akreditasi atau peringkat Terkakreditasi adalah hasil akreditasi yang dilakukan pleh BAN-PT yang terdiri atas:       

  1. A,B dan C untuk akreditasi yang dilakukan dengan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standart; dan
  2. Unggul, Baik Sekali dan Baik untuk Akreditasi yang dilakukan dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0

Jadi perlu persiapan yang lebih matang bagi Jurusan saat ini di perguruan tinggi untuk melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 status akreditasinya bukan lagi “A”, “B”, dan “C”, melainkan berubah menjadi Akreditasi Baik, Sangat Baik, Unggul, dan Tidak Terakreditasi, ucap Dr. Azwar, M.Si selaku pemateri Rapat Persiapan Akreditasi tersebut.

Oleh karena itu didalam penilaian akreditasi prodi itu terdapat tiga penilaian asesmen prodi, yakni ISK yakni melakukan konversi status akreditasi status lama ke baru sampai habis masa akreditasi. Kedua, pemantauan status akreditasi lama terhadap persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh prodi untuk melakukan perpanjangan otomatis atau reakreditasi. Dan terakhir, penyusunan boring LED dan LKPS untuk pengusulan akreditasi baru.

Dalam rapat persiapan akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi menuju Unggul ini dihadiri Dekan FISIP yang langsung menjadi Narasumber, Kaprodi dan Sekprodi Ilmu Komunikasi, GKM, serta Dosen dijurusan yang terlibat penuh sebagai bagian dari Jurusan Ilmu Komunikasi. Persiapan akreditasi ini dimulai dari pembentukan tim panitia penyusun instrumen akreditasi program studi (IAPS 4.0), penyusunan instrumen laporan kinerja program studi (LKPS) dan laporan evaluasi diri (LED) untuk diunggah ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Mensosialisasikan timeline persiapan IAPS 4.0 Jurusan sehingga tim panitia akan mempersiapkan IAPS 4.0 sesuai dengan job deskripsinya masing-masing.

Dengan adanya percepatan proses pengajuan borang IAPS 4.0 ini diharapkan seluruh Jurusan di FISIP dapat memperoleh peringkat akreditasi baik sekali, sehingga dapat meningkatkan kepuasan stakeholder, karena akreditasi prodi adalah tanggunggjawab Bersama, reputasi prodi memberi keuntungan untuk dosen dan mahasiswa serta lulusan, tata kelola dan kualitas layanan di prodi adalah determinan akreditasi prodi. Dekan FISIP menutup rapat persiapan akreditasi ini dengan menekankan “dahulukan kepentingan prodi dari pada kepentingan pribadi dalam mewujudkan akreditasi yang dicita-citakan”, ucapnya. (IH)

Logo Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas.

Dr. Sarmiati, M.Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Wilayah Sumbar  periode  2022-2025. Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unand terpilih secara aklamasi  dikarenakan Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si  Wakil Dekan II Fisip Unand mengundurkan diri setelah dicalonkan peserta muswil karena  memilih lebih memberikan kesempatan kepada Sarmiati untuk menjadi ketua, Minggu (4/11) di gedung D Fisipol Universitas Ekasaksti (Unes) Padang.

“Kepengurusan Aspikom Sumbar baru nanti menjadi ruang kretivitas dan aktivitas  untuk kuat menggaugkan disiplin ilmu  Komunikasi menjadi ilmu yang benilai guna serta benilai manfaat yang tinggi bagi masyarakat. Disiplin Ilmu Komunikasi akan semakin mampu mengisi dan menjawab tuntutan kemajuan tekhnologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat menurut kemajuan zamannya. Aspikom mampu menggagas kurikulum pendidikan tinggi ilmu komunikasi yang mampu bersaing skala nasional dan bahkan tingkat internasional,” ungkap Sarmiati ketua korwil terpilih.

 Ketua Umum Aspikom Pusat Dr. Muhamad Sulhan, M.Si usai muswil melalui sambungan selulernya mengapresisasi atas suksesnya Muswil ASPIKOM Sumbar dan menyampaikan usacapan selamat pada Sarmiati terpilih sebagai ketua. Ia juga  berharap agar pengisian personil pada komposisi pada setiap departemen hendaknya menjadi mesin penggerak organisasi agar mumpuni dalam menjalankan setiap program.

"Sejak semula Saya memiliki keyakinan korwil Sumatera Barat memiliki energi yang besar untuk maju bersama ASPIKOM. Terpilihhya Dr. Sarmiati menambah kuat keyakinan tersebut. Saya yakin dalam waktu tak lama lagi, ASPIKOM Korwil Sumatera Barat akan melesat sejajar dengan korwil-korwil  lain di nusantara. Selamat bersinergi, selamat berkemajuan untuk mengemas kesuksesan untuk menjadi terbaik. Semoga nanti bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan kepengurusan pusat, “ Muhamad Sulhan bernada harap  di balik selulernya.

Berikut Kepengurusan Aspikom Korwil Sumbar (2022-2025)  Ketua : Dr. Sarmiati, M.Si,  Wakil : Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si,  Sekretaris : Novia Amirah, M.Ikom, Bendahara : Indria Flowerina, M.Si. Sedangkan bidang-bidang dintaranya : Departemen Kurikulum & Pengembangan : Dr. Ernita Arif. M.Si,  Departemen Organisasi: M.A. Dalmenda, M.Si, Departemen Kerjasama: Dr. Sumartono, M.Si, Departemen Penelitian, Pengabdian dan Publikasi:  Dr. Mulyanti Syas, M.Si

Menurut Wakil Ketua Elva Ronaning Roem untuk  masing-masing  anggota departemen akan diajukan nama-namanya pada tahap rapat selanjutnya dalam waktu yg tidak terlalu lama sehingga SK-nya kita bisa ajukan ke Aspikom Pusat.

Ni Putu Eka Budi P.W.D dinominasikan oleh negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam Youth-Tech Workshop pada tanggal 22-25 November via Zoom Meeting. Tema dari workshop ini, yaitu Youth Tech: Memanfaatkan Teknologi sebagai Instrumen Perdamaian. Workshop ini berfokus ke 3 aspek: pemuda, perdamaian, dan teknologi dengan menitikberatkan ke penggunaan Teknologi Komunikasi, dan Informasi untuk mempromosikan narasi perdamaian.

Bersama dengan 22 delegasi dari negara perwakilan ASEAN lainnya, kita membahas mengenai isu yang berkaitan dengan radikalisme, dan pelanggaran HAM di masing-masing negara. Setelah mengidentifikasi permasalahan, kita diberikan wawasan tentang jenis kejahatan dunia maya serta kejahatan digital.

Dari pengidentifikasian jenis kejahatan tersebut, masing masing delegasi diwajibkan untuk merancang kampanye berbasis digital. Diharapkan dari adanya workshop ini, pemuda bisa mengambil peran aktif untuk menggaungkan narasi perdamaian karena pemuda merupakan agen perubahan masa depan.