Communication Contest (COMMTEST) 2021, Bangkit dan Berkreasi di Era Digitalisasi Media

Padang, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP UNAND). Mengadakan Webinar Pelatihan Keterampilan Mahasiswa bertema "Penulisan Feature Biografi di Era Digital" yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, Sabtu (30/10). Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan "Communication Contest (COMMTEST)" dengan tema "Bangkit dan Berkreasi di Era Digitalisasi Media" yang mengajak anak muda untuk bangkit dan berkreasi dimasa sekarang ini. Kegiatan ini juga menjadi acara puncak dari rangkaian event lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 19-28 Oktober 2021 yaitu Lomba Storytelling Contest dan Essay Competition Contest.

Tujuan dari diadakannya webinar kepenulisan tersebut adalah untuk mengembangkan skill atau keterampilan para mahasiswa terutama dalam bidang kepenulisan. Dengan mengundang Narasumber yang merupakan Wartawan/Penulis Sejarah dan Biografi serta memiliki kualifikasi pekerjaan sebagai "Wartawan Utama" Dewan Pers yakni Bapak Hasril Chaniago.

Webinar ini dimulai dengan kata sambutan dari oleh ketua pelaksana, Rendi Ferlita dan Ibu Dra. Sarmiati. M.Si sebagai ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Kemudian dilanjutkan dengan sharing materi dari Narasumber. Dalam sesi penyampaian materi, Bapak Hasril Chaniago menjelaskan bagaimana menulis biografi, mulai dari pengenalan jenis-jenis rumpun biografi, karakter seorang penulis biografi, penggunaan bahasa hingga kiat-kiat dalam menulis biografi. "Menulis adalah keterampilan, tidak bisa kita dapatkan tanpa latihan" Ujar Bapak Hasril.

Diakhir sesi penyampaian materi beliau juga menyampaikan harapannya bahwa nantinya mahasiswa berinisiatif untuk membuat klub menulis sebagai wadah atau untuk latihan menulis terutama penulisan biografi. Klub tersebut juga tentunya diharapkan menjadi cikal bakal penulis biografi dimasa yang akan datang. Bapak Dalmenda selaku Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNAND juga menyampaikan bahwa acara ini diharapkan menjadi agenda tetap di tahun depan dengan narasumber yang sama atau ditambah. Lanjutnya kegiatan ini dapat berlanjut pada pembelajaran tatap muka sehingga materi yang disampaikan dapat digali lebih dalam. Setelah penyampaian materi dari narasumber dan sesi tanya jawab. Acara kemudian ditutup dengan penyampaian para pemenang lomba Storytelling Contest dan Essay Competition Contest dengan kategori Juara Lomba dan Pemenang Favorit.

Berita FISIP

Feed not found.