Riset Indeks Kualitas Program siaran Televisi tahun 2019 mulai bergulir, ditandai dengan Workshop bersama KPI yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand, Alfan Miko, sekaligus menyampaikan penghargaan tertinggi pihaknya untuk KPI atas terselenggaranya kegiatan riset indeks, konferensi penyiaran dan seminar nasional. Menurutnya, ini bukti bahwa riset penyiaran adalah hal yang semakin penting dilakukan. “Diharapkan kerja sama ini terus berkesinambung demi kemajuan penyiaran di Indonesia,” kata Alfan Miko.

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, mengatakan riset indeks merupakan kegiatan survei indeks KPI sebelumnya yang diharapkan menjadi sebuah penelitian yang mendalam. Menurutnya, terdapat perbedaan jumlah panel ahli riset yang sebelumnya berjumlah 10 menjadi 8 orang.

“Kami berharap panel ahli ini bisa memberikan hasil yang lebih komprehensif. Dari kegiatan ini, tulisan hasil panel ahli akan dicetak menjadi buku dan disebarkan ke jurnal-jurnal sehingga Universitas Andalas bisa menjadi pusat kajian penyiaran di Indonesia,” kara Andre, panggilan akrabnya.

Selain itu, KPI menekankan kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang seremonial tapi juga memberikan hasil yang positif untuk disumbangkan ke negara. “Mari kita bersama-sama memberikan kemampuan terbaik kita untuk menciptakan tatanan siaran yang berkualitas dan bermanfaat,” tambah Andre.

Kepala Bagian Perencanaan, Hukum dan Humas Sekretariat KPI Pusat, Umri, menjelaskan target dari riset indeks ini yakni mewujudkan program siaran yang berkualitas. Adapun indikator yang menjadi pusat riset yakni 8 jenis program. 

“Riset indeks ini dilakukan di 12 kota dengan FGD panel ahli sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Kami berharap panel ahli bekerja maksimal dan laporan yang diberikan bisa lebih mendalam dan komprehensif sesuai bidang masing-masing,” kata Umri.

Sementara itu, Tim Penelitian dan Pengembangan Riset KPI, Harmonis, menjelaskan ada tiga perubahan pada kegiatan riset tahun ini yakni perubahan konsep, metodologi, dan teknis pelaksanaan. Menurutnya, dalam UU Penyiaran No.32 tahun 2002 tidak mengenal program, yang ada siaran. 

“Kualitas itu adalah kumpulan dari berbagai standar yang telah ditetapkan. Skala indikator dari 5 menjadi 4 karena berdasarkan keterangan ahli antropologi dan lainnya, ketika levelnya ada 5, orang Indonesia cenderung memilih di tengah sehingga diputuskan untuk mengurangi skala menjadi empat,” jelas Harmonis. 

Disela-sela workshop tersebut dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) antara KPI dengan Universitas Andalas. Penandatanganan PKS dilakukan langsung Kepala Sekretariat KPI Pusat, Maruli Matondang dan Dekan FISIP Unand. *** 

Rabu, 10/4/2019

 

  1. Workshop kurikulum dilaksanakan bersama Bapak Prof. Dr. Mansyurdin
  2. Pengembangan kurikulum Jurusan Ilmu Komunikasi = “evaluasi” dari proses dan kegiatan dalam kurikulum, apakah sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan
  3. Dari kurikulum lama yang basis-nya hanya mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didik untuk memperoleh ijazah, dan sekarang harus dikembangkan
  4. Pengembangan kurikulum dengan pandangan modren :
  • Kurikulum bukan terdiri dari mata pelajaran, tetapi meliputi semua kegiatan dan pengalaman
  • Mencakup hidden kurikulum yaitu segala sesuatu yang mempengaruhi peserta didik secara posisitif dalam proses pembelajaran
  1. Konsepnya, kurikulum sebagai suatu substansi (tujuan, bahan ajar, belajar-mengajar, evaluasi) dan suatu sistem (kurikulum, melaksanakan, evaluasi, dan menyempurnakan)
  2. Bagaimana pendidikan itu dapat terintegrasi dalam proses dan filosofi andalasian hanya sebagai pintu masuk dalam pengembangan kurikulum (kurikulum disesuaikan dengan falsafah universitas)
  3. Penekanan perbedaan kompetensi dan Capaian Pembelajaran (kompetensi adalah kemampuan)
  4. Perubahan kurikulum dilakukan dalam 5 tahun sekali dan mengacu pada peraturan kementerian (SN-Dikti), sebelum jangka waktu yang sudah ditentukan kurikulum hanya diperbolehkan untuk ditambahkan atau disempurnakan
  5. Evaluasi kurikulum :
  • Evaluasi terhadap kebutuhan
  • Evaluasi terhadap bahan pembelajaran
  • Evaluasi terhadap proses pembelajaran
  • Evaluasi terhadap asesmen pembelajaran
  • Evaluasi terhadap produk kurikulum
  1. Dasar pengembangan kurikulum mengacu pada Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)
  2. Kurikulum menggambarkan capaian pembelajaran sikap dan keterampilan umum (softskill) mahasiswa dari perguruan tinggi
  3. Kerangka pengembangan kurikulum ini dilaksanakan oleh Prodi yang dilakukan oleh dosen dalam bentuk capaian, metode, dan asesmen pembelajaran yang bisa dilihat dari kerangka berikut :

Mahasiswa komunikasi  memenangkan dua kategori dalam kompetisi tingkat Universitas. Ongky Kurniawan dan Arif Varelino, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas angkatan 2016 dan 2017 berhasil meraih predikat "best speaker" dan menjadi tim yang menang untuk mewakili Universitas Andalas dalam kompetisi ini.

Kompetisi National University Debating Championship tingkat Universitas ini diselenggarakan 16-17 Maret bertempat di Fakultas Ilmu Budaya. Kompetisi ini menjaring mahasiswa berprestasi dalam debat untuk dapat mewakili Universitas Andalas pada tingkat Nasional.  Penjaringan ini diikuti dari berbagai jurusan yang ada di Universitas Andalas.

Kompetisi  debat ini menggunakan sistem British Parliamentary yang terdiri dari 3 kali preliminary round ( penyisihan). Pada babak semifinal diambil 8 besar tim peserta yang lolos untuk kembali di kompetisikan. Hingga akhirnya 4 team yang maju ke babak final.  Ongki Andriawan dan Arif Varelino berhasil maju mewakili Universitas Andalas dalam NUDC . Tim yang maju mewakili Unand akan segara dilatih untuk dapat maju ke kompetisi Nasional.

Sebelum memiliki kompetisi ini, Ongki dan Arif mendapatkan pelatihan debat dan melewati tahap seleksi tingkat jurusan komunikasi. Mahawasiswa yang lulus tahapan seleksi dibentuk menjadi tim baru yang mewakili jurusan ilmu komunikasi dalam NUDC tingkat Universitas. Hal ini menjadi tantangan baru bagi Ongky dan Arif karena harus menyesuaikan chemistry sebagai pasangan dalam kompetisi debat NUDC. Semangat kompetisi ini diharapkan dapat ditularkan kepada mahasiswa lainny agar dapat menghasilkan prestasi lainnya.

Bravo Ilmu Komunikasi FISIP UNAND.

Jurnal Ranah Komunikasi adalah jurnal berkala ilmiah yang mempublikasikan hasil kajian bidang  Jurnal Ranah Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand dengan basis OJS 3.0.

Bagi yang ingin dan berminat untuk mengirimkan tulisannya ke Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand utk terbit di tahun 2019 ini. Sebagai informasi Jurnal ini dalam edisi terbit dua kali setiap tahun. Adapun topik jurnal yg ditulis berhubungan dengan Komunikasi media baru, Jurnalistik, televisi dan Film, komunikasi Humas Pemerintahan, komunikasi krisis, komunikasi antar budaya, cultural studies, komunikasi kelompok perilaku menyimpang, komunikasi pariwisata, komunikasi kebencanaan, komunikasi pendidikan, komunikasi keluarga.

Setelah serius digarap dari tahun 2018 lalu, akhirnya Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) peroleh ISSN oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI yang memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia. Sebagai bagian dari tanggung-jawab tersebut, PDII menerbitkan ISSN (International Standard of Serial Number) yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. PDII LIPI merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.

Kini, Jurnal Ranah Komunikasi bisa diakses langsung melalui website resmi : http://ranahkomunikasi.fisip.unand.ac.id dan bisa langsung submit tulisan-tulisan yang akan menjadi bagian dari Jurnal Ranah Komunikasi. Silahkan submit pada website jurnal terlampir.

 

 

SEMINAR NASIONAL KOMUNIKASI, MEDIA, DAN PENYIARAN (KAMERA)

Membangun Media Komunikasi Industri Kreatif menuju Penyiaran Sehat

Konferensi (Call for Paper) dengan sub tema :

  • Regulasi Penyiaran
  • Rating dan Kualitas Siaran
  • Media Penyiaran
  • Periklanan
  • Literasi Media
  • Branding dan Public Relations
  • Media Baru
  • Media dan Konten Lokal
  • Komunikasi Budaya
  • Komunikasi Inovatif
  • Komunikasi dan Industri Kreatif
  • Komunikasi Publik dan Sosial

Keynote Speaker :

  1. Yuliandre Darwis, Ph.D – Ketua Komisi Penyiaran Indonesia
  2. Helmi yahya – Direktur Utama TVRI
  3. Mistam – Direktur Utama RRI
  4. Dr. Atwar Bajari, M.Si – Akademisi Komunikasi UNPAD
  5. Dr. Dadang Rachmat, M.Si – Ketua Umum ISKI
  6. Wishnutama – CEO Net TV
  7. Assoc. Prof. Datuk Dr. Ismal Sualman – Akademisi Komunikasi dan Media Penyiaran UiTM

Full Paper & Abstract

  1. Paper ditulis 150-250 kata  
  2. Full Paper 8-10 halaman (3500-4500 kata), kertas A4, 1.5 spasi, margin 2.5cm, font ukuran 12 Times New Roman  
  3. Makalah dikirim ke email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Publikasi :

  • Jurnal Antropologi FISIP Universitas Andalas Terindeks DOAJ dan Terakreditasi DIKTI Sinta 2
  • Jurnal Komunikasi ISKI
  • Jurnal Ranah Komunikasi Universitas Andalas
  • e-Prosiding ber ISBN
  • Publikasi Jurnal terindek Sinta
  • Publikasi Buku pada salah satu Penerbit ternama di Indonesia

Biaya : 

  1. Fasilitas Lengkap – Rp 1.800.000
    (Termasuk Penginapan 2 Hari 1 Malam)
  2. Umum – Rp 800.000
    Mahasiswa – Rp. 700.000
    Partisipan – Rp 150.000

Pembayaran Registrasi :
BNI) 0768033089 Revi Marta

Tempat :

Pangeran Beach Padang, Senin-Selasa 24-25  Juni 2019

Tanggal Penting

  • Periode Pengiriman Full Paper 22 Februari – 15 Mei 2019
  • Pengumuman Paper terpilih 15 Mei 2019
  • Jadwal Bayar 22 Mei – 23 Juni 2019 (early bird), 17 Juni – 23 Juni 2019 (General)
  • Pengiriman PPT 20 – 23 Juni 2019
  • Presentasi call paper 24-25 Juni 2019

 

 

Full flyer download disini:

 

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas pada hari Senin (4/2) lantik kepengurusan baru Labor TV dan Film seiring ditunjuknya Ibu Alna Hanana, M.Sc sebagai Penanggung Jawab Labor TV dan Film oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Unand. Pelantikan ini bertempat di aula Magister Ilmu Komunikasi Gedung B lantai 3, pengurus Labor TV dan Film Periode 2019-2020 resmi dilantik.

Heza Saputra sebagai ketua baru terpilih dan dua puluh tiga pengurus lainnya dilantik oleh pengurus sekaligus pembina Labor TV dan Film Ibu Alna Hanana, S.I.Kom, M.Sc. Pelantikan ini dihadiri oleh undangan yang terdiri dari dosen-dosen Ilmu Komunikasi, pengurus Labor TV dan Film periode yang lalu dan beberapa alumni llmu komunikasi Universitas Andalas. Acara ini dibuka dengan sambutan dari pembina dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua Pengurus Labor Tv dan Film periode 2018-2019 kepada Ketua Pengurus Labor Tv dan Film periode 2019-2020.

Ibu Alna Hanana, M.Sc mengatakan hadirnya pengurus baru Labor TV dan Film dengan nama Creative TV merupakan semangat baru dalam kegiatan produksi program TV dan Film. Dibawah kepengurusan baru ini, diharapkan dapat Labor Tv dan Film berbenah diri dalam meningkatkan produksi karya-karya TV dan Film. Selain itu, harapan lainnya dalah meningkatnya kerjasama dengan stakeholder, hal ini menjadi sebuah harapan dan semangat baru bersama untuk merealisasikan visi dan misi jurusan Ilmu Komunikasi yang berbasis entrepreneurship dan bisa menghasilkan produksi Video dan Film yang menarik dan berkualitas, apalagi di era milineal seperti saat ininyang sangat sarat dengan konten-konten kreatif di youtube dan vlog yang menyajikan konten-konten video yang menarik dan kreatif.

 

Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas melakukan sosialisasi ke Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada Jum’at-Sabtu (15-16/02/2019). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Pekanbaru. Pada sosialisasi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas IPA dan IPS ini dijelaskan prestasi yang telah diraih Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand, tentang pelaksanaan berbagai jalur seleksi masuk berikut jadwal dan persyaratannya, dan program beasiswa yang bisa diberikan Unand kepada mahasiswanya.
Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Unand untuk dapat menarik minat para calon mahasiswa agar memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Unand sebagai pilihan utama dalam melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi. Adapun kegiatan promosi ini secara rutin setiap tahun dilakukan oleh secara rutin oleh dosen-dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Unand ke seluruh daerah di Indonesia, mulai dari melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah, mengundang para calon lulusan / calon mahasiswa ke Jurusan Ilmu Komunikasi Unand, melalui media cetak (Koran), media elektronik (radio), memanfaatkan sarana online (melalui website jurusan/fakultas) yang selalu tersedia 24 jam sehari, juga melalui penyebaran leaflet, dan poster ke tempat-tempat strategis.
Meskipun peminat di Jurusan Ilmu Komunikasi Unand selalu meningkat dari tahun ke tahun, hal ini ditunjukkan dari antusiasme pilihan calon mahasiswa dalam memilih Program Studi/Jurusan saat SNMPTN, SBMPTN dan SM (Seleksi Mandiri) namun Jurusan Ilmu Komunikasi Unand tetap melakukan kegiatan promosi, hal ini ditujukan untuk selalu menjaga dan meningkatkan awareness dan knowledge para calon lulusan dan masyarakat akan kualitas dan eksistensi Jurusan Ilmu Komunikasi Unand, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Kegiatan Promosi Jurusan Ilmu Komunikasi Unand yaitu Ibu Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si saat acara sosialisasi di Gedung Aula SMA N 11 Pekanbaru kemarin dengan dihadiri siswa kelas XII.
Diharapkan dengan kegiatan promosi intensif yang telah dilakukan, disertai peningkatan kualitas belajar mengajar baik dari sarana prasana fisik dan SDM yang profesional serta didukung oleh seluruh civitas akademika, akan mampu mengantarkan Jurusan Ilmu Komunikasi Unand bersaing ditingkat lokal, nasional dan internasional.Antusias siswa-siswi pun jelas nampak terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang muncul *IH*

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa Angkatan 2017 untuk menentukan konsentrasi perkuliahan, tepat di saat mereka akan bersiap menyambut semester ganjil 2019/2020 maka Jurusan Ilmu Komunikasi pada hari Senin, 4 Februari 2019 mengadakan kegiatan Sosialisasi peminatan Konsentrasi di Ruang Serba Guna Jurusan Ilmu Komunikasi Gedung B Lantai 3 FISIP Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Ibu Revi Marta, M.I.Kom selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UNAND menjelaskan bahwa ada empat konsetrasi peminatan yang dimiliki Jurusan Ilmu Komunikasi yakni Public Relations, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, dan TV dan Film. Konsentrasi ini merupakan pengembangan keahlian yang harus dimiliki mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk bisa berkarya dan lebih memiliki keahlian khusus dibidang Ilmu Komunikasi guna menghadapi era 4.0 seperti saat ini.

Perkenalan lebih lanjut tentang konsentrasi dipaparkan oleh dosen-dosen yang bertanggung jawab sebagai ketua konsentrasi peminatan, yang menyampaikan tentang tujuan pembelajaran, prospek karier, mata kuliah wajib dan pilihan yang ditawarkan tiap konsentrasi, serta staff pengajar dalam mata kuliah konsentrasi.

Sebagai penutup Ibu Revi Marta, M.I.Kom menegaskan dalam tuturannya dalam sosialisasi peminatan konsentarsi ini bahwa dalam pemilihan konsentrasi sebaiknya dipertimbangkan secara matang, tidak sekedar mengikuti teman, namun kembali pada hati nurani *IH*

PADANG (22/1) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas  sedang menggelar acara Hari Research FISIP yang bertemakan Peranan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dalam Membangun Peradaban Yang Lebih Baik Menuju 4.0. Acara yang diadakan pada Hari Selasa (22/1) ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari enam universitas di Sumatra dengan tujuan untuk mendesiminasikan hasil penelitian Dosen FISIP dan Mahasiswa S2 kepada Epidemic Community Dosen FISIP dan stakeholder dalam bentuk seminar dan penampilan poster.

 

Acara yang merupakan salah satu program kerja Wakil Dekan I FISIP Universitas Andalas ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Open House FISIP 2019, syukuran prestasi Dosen, Mahasiswa dan Kinerja FISIP serta award tata kelola Gedung dan Lingkungan terbaik se-UNAND, dan peresmian Gedung Pascasarjana FISIP Jati dan Lantai 3 Gedung C FISIP. "Acara FISIP Research Day ini diharapkan menjadi suatu jalan komunikasi akademik antara komunitas akademik baik yang ada di FISIP Unand maupun anggota Epidemic luar FISIP UNAND, untuk mengetahui perkembangan penilitian dari kawan-kawan dan dapat membangun kolaborasi penelitian kedepannya", ujar Dr. Aidinil Zetra,  MA, selaku Wakil Dekan I FISIP Universitas Andalas.

 

Acara ini akan dilanjutkan dengan presentasi peserta seminar dalam dua paralel yang akan dipandu oleh Moderator Ahli berdasarkan empat klasterisasi dari tema-tema penelitian yang ada. Empat klasterisasi ini terbagi atas pertama, Media Sosial : Budaya Massa, Komunikasi, Ruang Publik dan Perubahan sosial. Kedua, Sosiohumaniora, Gender, Hukum dan Politik. Ketiga, Tata Kelola Pemerintahan, Kebijakan dan Administrasi Publik dan Hubungan Internasional. Dan terakhir, Pendidikan, Sejarah, dan Keadilan Sosial. 

Jurusan Ilmu Komunikasi  Fisip Universitas Andalas melaksanakan evaluasi persiapan menyambut tahun ajaran baru dengan melaksanakan workshop rencana pembelajaran semester (RPS) bersama Lembaga pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu (LP3M) Universitas Andalas, Selasa (7/8) di ruangan prodi Ikom.

Evaluasi itu dilakukan untuk memperdalam pemahaman tenaga pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi untuk meningkatkan  komptensi mahasiswa dan  lulusan, baik dari capaian pembelajaran, sikap keterampilan (soft skill) sebagai bagaian dari capaian pembelajaran lulusan sesuai yang tercantum pada SN Dikti.

“Workshop RPS ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman semua dosen di Jurusan Ilmu Komunikasi untuk menyusun RPS sesuai dengan standar nasional dan asosiasi dimana jurusan ini bernaung, contohnya sesuai standar Asosiasi Prodi Ilmu Komunikasi, RPS harus diarahkan kesana dan capaian pembelajaran harus dituntaskan semuanya terutama mata kuliah dasar atau wajib dan diiringi mata kuliah pilihan perkonsentrasi baik dari konsentrasi Public Relations, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, TV dan Film”, ujar Dr. Ir. Nofialdi, M.Si selaku narasumber.

Sehingga, lanjutnya aktifitas perkuliahan dapat sesuai dengan permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 Standar Nasional Pendidikan Tinggi pasal 12. RPS harus bisa mendeskripsikan pelaksanaan dan semua aktifitas perkuliahan dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dan praktek keilmuan Komunikasi. Setiap mata kuliah yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi harus dituntaskan dan dicapai dengan baik agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dasar dan mengimplementasikannya di dalam dunia kerja. RPS harus bisa menjadi acuan perkuliahan untuk mengasah kemampuan analisis mahasiswa terkait dunia Ilmu Komunikasi baik secara konseptual maupun praktikal.

Berita FISIP

Feed not found.