Print this page

Kuliah Umum Manajemen Komunikasi Public Relations 4.0 dihadiri Ketua KPI RI

Pada Hari Selasa, 14 Mei 2019 pukul 09.30-13.00 WIB telah dilaksanakan Kuliah Umum dari tiga narasumber ahli, yaitu Yuliandre Darwis, Ph.D (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia), Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom (Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand), dan Betti Dasaisa, M.I.Kom (Government PR Kota Padang) di Perpustakaan lantai 5 Universitas Andalas. Kuliah Umum  membahas topik “Manajemen Komunikasi di Era PR 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah  “Pengantar Public Relation” yang diampu oleh Bapak Ilham Havifi,M.I.Kom.

Kuliah umum dibuka dan diresmikan oleh Dr. Aidinil Zetra, M.A (Wakil Dekan I FISIP Unand) dengan hangat dan hikmat. Penyampaian materi dipimpin oleh moderator dari humas Unand yaitu Lailatul Himni, S.I.Kom. Bapak Yuliandre Darwis selaku salah satu narasumber kegiatan ini, memiliki kesempatan pertama untuk memulai menyampaikan argumen tentang materi yang disampaikannya. Sebelum memulai materi, beliau menceritakan bagaimana Ia mengatur ulang agendanya, agar dapat menghadiri kegiatan ini. “ Usia tidak mempengaruhi dalam mengemban amanah,sekalipun amanah itu berat”, ujar beliau diawal materinya.

Kegiatan yang diikuti oleh 105 orang, berjalan lancar berkat antuasiasme partisipan terhadap tema yang diangkat. Di era digital yang pesat akan perkembangan media dan teknologi ini, setiap orang diharuskan memiliki edukasi penggunaan media yang cerdas, agar tidak mudah tergiring opini. “ Saat ini, opini yang membentuk fakta, padahal seharusnya fakta lah yang membentuk opini”, ucap Ketua Komisi Penyiaran Indonesia.

Pemaparan materi selanjutnya, disampaikan oleh Bapak Dr. Emeraldy Chatra,M.I.Kom yang lebih condong membahas tentang peran dan kedudukan Public Relations di Industri 4.0. Menurut Ketua Jurusan Ilmu Komunikas Unand, strategi yang kuat, merupakan kunci utama seorang PR dalam mengikuti perubahan dan perkembangan zaman agar tidak tertinggal.

Kuliah Umum ini diakhiri dengan materi yang disampaikan oleh Ibu Betti Dasaisa, M.I.Kom selaku Government PR Kota Padang. Ibu Betti memaparkan bahwa manajemen komunikasi sangat dibutuhkan dalam praktik humas pemerintahan, karena humas juga menggunakan dasar-dasar dari manajemen yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Selain itu, Ibu Betti juga menyampaikan bahwa tanpa adanya perencanaan yang baik maka kegiatan praktik humas juga tidak dapat berjalan dengan baik.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan komunikasi dua arah antara peserta dan narasumber, serta dilanjutkan dengan penyerahan plakat kenang-kenangan dan sertifikat dari Ilmu Komunikasi’18 selaku panitia pelaksana Kuliah Umum ini.